PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT

PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT

Mayarakat adalah suatu kelompok yang sama identifikasinya meliputi unit biofisik para individu, bertempat tinggal pada suatu geografis tertentu, selama pereode tertentu pula, teratur sedemikian rupa di dalam menjalankan segala sesuatu yang diperlukan bagi hidup bersama.

  1. Para ahli berbeda pendapat tentang proses terbentuknya masyarakat.  Plato berkeyakinan bahwa masyarakat terbentuk secara kodrati. Sedangkan  kaum sofis berargumen bahwa masyarakat merupakan bentukan manusia.  Pandangan Plato lebih bersifat metafisik dan mengawang, sedang kaum sofis ilmiah-rasional. Dalam hal ini, pembahasan mengenai sejarah terbentuknya masyarakat lebih dititikberatkan pada pandangan kaum sofis mengingat sifatnya yang ilmiah-rasional. Pandangan kaum sofis ini didukung oleh Kimmel and Aronson yang mengemukakan bahwa masyarakat tidak sekonyong-konyong ada. Masyarakat sengaja diciptakan baik melalui metode bottom-up maupun up-to-bottom.
  2. Hubungan antara masyarakat dan pendidikan adalah bahwa pendidikan sebagai proses transmisi pengetahuan, sikap, kepercayaan, keterampilan danaspek-aspek kelakuan lainnya kepada generasi muda secara keseluruhan dilakukan sepenuhnya oleh kekuatan-kekuatanmasyarakat. Di sisi lain pendidikan memiliki fungsi, peran dan kiprah yang berkorelasi dengan kekuatan-kekuatan masyarakat.Pendidikan juga memberikan andil menerjemahkan nilai-nilai baru yang tumbuh akibat proses pergulatan sejarah dalam wujud emansipasi integrasi dengan sistem dan struktur sosial masyarakat, sehingga dengan demikian masyarakat tidak pernah kering dari dinamika perubahan dan evolusi sosialnya.

Leave a Reply

Close Menu